Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Tips merawat tanaman taman minimalis

Tukang taman surabaya : Akan membahas tentang Tips menanam tanaman bunga hias yang baik dan benar Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Merawat tanaman bisa menjadi kegiatan positif di masa pandemi. Tak dapat dipungkiri bila kita melihat tanaman yang kita tanam tumbuh dengan subur dapat menimbulkan kepuasan tersendiri. Tak hanya itu, dengan merawat tanaman hias juga dapat menjernihan udara dan meredakan stress. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar tanaman hiasmu tubuh dengan subur:

1.  Memotong bagian tanaman 

memotong bagian tanaman yang rusak
Agar tampilannya selalu indah dilihat mata, bagian-bagian tanaman yang sudah layu, berubah warna, atau kering harus dipangkas, cara mudahnya kamu bisa memotongnya atau memetik bagian yang rusak dari tanaman tersebut. Dengan demikian, tanaman menjadi indah dipandang dan bagian tanaman yang masih dalam keadaan baik tidak tertular bagian yang sakit.

2. Menyiram tanaman 

menyiram tanaman dengan tepat
Beda jenis beda pula cara menyiram tanaman. Namun secara umum, tanaman yang sering ditempatkan di dalam ruangan jangan terlalu sering diberi air karena dapat menyebabkan kebusukan pada akarnya. Cukup berikan kelembapan hingga air keluar dari lubang drainase pot.

3. Pencahayaan

Memberikan paparan sinar matahari secara rutin
Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, bahkan tanaman indoor juga butuh sinar matahari secara langsung sesekali. Akan tetapi, sama dengan manusia, sinar matahari yang berlebihan bisa jadi cara merawat tanaman yang salah karena dapat membuat tanaman milikmu kekeringan, terbakar, dan layu.

4. Ganti pot secara berkala

Semakin lama tanaman akan tumbuh dan menjadi lebih besar. Karena itu Anda harus mengganti tanaman dalam pot. Taruh tanaman di pot yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman mempunyai ruang untuk tumbuh kembali. Pilih pot yang memiliki drainase air yang baik. Ini untuk menghindari genangan air di dalam pot.

5. Memberikan nutrisi pada tanaman

Ada enam nutrisi penting yang harus kamu perhatikan dalam cara merawat tanaman, yaitu nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Masing-masing nutrisi tersebut berguna bagi pertumbuhan akar, batang, dan daun.

6. Membersihkan daun tanaman

Rapikanlah tanaman yang sudah tumbuh dengan menghilangkan sisa-sisa dedaunan yang sudah mati karena ditakuti dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman hias tersebut. Selain itu, untuk menjaga keindahan dari tanamanmu, sebaiknya lap daun  tanaman hiasmu secara rutin untuk menghilangkan debu.

Baca juga:
# Apa itu tukang taman surabaya
# Tips merawat tanaman hias Janda bolong
# Tips merawat tanaman aglo
# Tukang taman surabaya
Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

jasa layanan tukang taman profesional