Tips menanam bunga atau tanaman hias

 

Tukang taman terdekat
Selamat datang di HR florist, kali ini kami akan membahas tentang Tips menanam bunga atau tanaman hias, karena kami sangat peduli dengan jangka panjang klien atau pelanggan kami, hal ini karena banyak yang menanyakan bagaimana cara menanam tanaman yg baik dan benar. hal ini biasanya para pemilik rumah kadang ingin menambah sendiri suatu saat nanti. 

Tips menanam bunga atau tanaman hias oleh Tukang taman terdekat surabaya dan sekitarnya akan menunjukan cara terbaik menanam tanaman hias.

Tips Menanam Tanaman Hias

1. TAHAP PERSIAPAN

Siapkan Peralatan,  Bahan dan Bibit -Tanaman Hias:

-. Media Tanam Organik PIJARALAM, Sesuaikan Tipe Media Tanam Organik dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Sebab setiap jenis tanaman memerlukan media tanam yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya kebutuhan nutrisi dan unsur hara (makro dan mikro),  kebutuhan pH,  kebutuhan Mikroorganisme, kebutuhan pourositas,  kebutuhan jenis dan bahan. (gambar 1)


-. Wadah : Pot atau Planterbag,  dll.  Perhatikan pada bagian dasar pot untuk memastikan lubang drainase,  lubang pembuangan air. 

Jika pot plastik,  biasanya pabrik tidak sempurna membuat lubang,  dan terkadang sangat minim dan kecil, sebaiknya lubang drainase tersebut diperbaiki dan jika perlu dibuat lubang baru. 

Terutama untuk jenis tanaman hias yang tidak suka air tergenang seperti jenis Aglonema,  Anthurium,  Caladium,  Alocasia,  Adenium dan tanaman hias yang batangnya tidak berkayu. ( tukang taman terdekat )

-.  Media Dasar Pot,  bahannya bisa dari potongan styrofoam,  potongan genting, batu kerikil,  arang kayu. Ini salah satu bahan yang terkadang dilupa para pecinta tanaman hias,  terutama pemula tukang taman terdekat

Berfungsi untuk mempercepat pembuangan air siraman agar tidak becek bahkan tergenang. Juga untuk suplay oksigen ke akar tanaman. Jika air tergenang di dasar pot berakibat tanaman jadi layu dan mati, serta muda terserang penyakit fungi seperti fusarium. Jadi Media Dasar Pot sangat penting dengan bahan yang mudah didapat... 

-. Bahan penutup media tanam,  batu coral,  batu kerikil. 

Bertujuan untuk memperindah bagian atas pot sekitar tanaman,  juga bertujuan agar media tanam tidak terpercik keluar saat proses penyiraman yang dapat mengotori bagian atas bibir pot atau benda sekitar pot. 

-. Bibit Tanaman Hias by Tukang taman terdekat

untuk jenisnya tentu sesuai selera masing masing dan pas dikantong,  tapi perlu diingat untuk sebaiknya tidak membeli bibit tanaman hias dengan harga yang bombastis atau harga tidak normal hingga puluhan juta. 

Mungkin saja harganya wajar,  tapi apakah anda yakin mampu merawatnya hingga beberapa tahun? Selain soal harga dan selera,  berikut yang perlu diperhatikan dalam memilih tanaman hias. 

Pertama,  Anda harus memastikan nama dan jenis tanaman hias yang akan dibeli,  kedua usia tanaman,  hal ini untuk mengetahui apa tanaman ini subur atau kerdil. Warna dan jumlah daun, kondisi batang sehat atau tidak. Perhatikan juga hama dan penyakitnya. 


-. Peralatan menanam,  seperti sekop taman,  sarung tangan,  alat penyiram. Harap diperhatikan kebersihan tangan,  sebaiknya menggunakan sarung tangan saat memegang media tanam,  jika terpaksa,  setelah memegang media tanam langsung mencuci tangan menggunakan sabun. Hal ini disebabkann kandungan mikroorganisme penyubur tanah dalam Media Tanam. 


-. Air secukupnya untuk menyiram tanaman hias yang baru ditanam.

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

jasa layanan tukang taman profesional